Sabtu, 07 Juni 2014

KOMPONEN MENU TAB PADA MICROSOFT EXCEL 2010

Diposting oleh Unknown di 08.59
KOMPONEN MENU TAB PADA MICROSOFT EXCEL 2010

Assalamualaikum sobat blogger 
Selamat malam sobat, semoga malam ini semuanya diberikan kesehatan oleh allah SWT. . .
Oke sobat, kali ini saya iseng-iseng  pingin berbagi postingan mengenai microsoft excel 2010 yang mungkin sudah banyak diketahui oleh semua orang , namun sekali lagi saya hanya ingin berbagi  ilmu dasar Microsoft excel 2010 yang saya ketahui. Mungkin ilmu dasar mengenai hal ini sudah lama di ajarkan sejak saya masih duduk di bangku SD namun beda versi Microsoft excelnya tapi tetap sama kok fungsinya. .

Kita bahas dulu yukz mengenai tab menu/menu tab …
Apa sih yang dimaksud menu tab ??? ada yang tahu gak ya ??? ya, Tab Menu itu ialah Jendela yang  umumnya berisi menu tool dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Tampilan Ms. excel 2010 memiliki lingkungan kerja yang berisi kumpulan toolbar. Secara keseluruhan terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft excel 2010. Ketujuh tab tersebut terdiri atas Home, Insert, Page Layout, formulas, Data, Review, dan view. Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft excel 2007 secara maksimal. Berikut ini adalah tampilan dan masing-masing tab dalam keadaan aktif beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft excel 2007.

Komponen menu tab pada ms.excel 2010 adalah sebagai berikut :

a) Tab menu Home
Tab home berisikan perintah-perintah standar (dasar). Untuk mengaktifkan menu home, dengan cara mengklik tab menu Home atau tekan ALT-H .




Elemen tab Home terdiri dari sub menu berikut :

1) Clipboard

 kegunaan dari sub menu clipboard ini adalah untuk menampung atau menyimpan data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat perintah-perintah dalam bentuk ikon (tombol) .

NAMA FUNGSI
Cut                  : Memotong atau menghapus teks (Ctrl-X)
Copy          : Menggandakan teks (Ctrl-C)
Format painter  : Memuat format data seperti data sebelumnya
Paste          : Menempelkan hasil kopian data (Ctrl-V)

1) Font

Submenu font terdiri dari kumpulan beberapa tombol seperti pada table berikut.

NAMA FUNGSI
Font style        : Format font atau huruf (standar font pada excel adalah Arial)
Grow font       : Membuat format huruf menjadi lebih besar
Shirnk font      : Mengecilkan huruf
Bold                : Menebalkan huruf
Italic                : Mencetak huruf miring
Underline        : Memberi garis bawah pada huruf
Border        : Memberi bingkai pada table
Fill color        : Memberi warna
Font color        : Memberi warna pada huruf


2) Aligment

Submenu aligment terdiri dari ikon (tombol) seperti pada table berikut.
NAMA FUNGSI
Top align                 : Format teks rata tengah dengan posisi di sebelah kiri halaman
Middle align         : Format teks rata tengah dengan posisi di sebelah tengah-tengah halaman
Bottom align         : Penggalan halaman
Align left                 : Format teks rata kiri
Justify                 : Format teks rata tengah
Align right                 : Format teks rata kanan
Decrease indent : Paragraph merojok ke kiri
Increase indent         : Paragraph merojok ke kanan
Marge and center : Menggabungkan dan menengahkan teks



3) Number

Submenu number terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabekl berikut.
NAMA FUNGSI
General                : Tombol pengaturan secara umum
Currency                :  Mata uang
Percent                : Format persen
Coma                : Pemberian tanda koma pada data
Decrease decimal    : Mengurangi angka decimal
increase decimal      : Menembah angka decimal


4) Styles

Submenu styles terdiri dari ikon (tombol)nseperti pada table berikut.
NAMA FUNGSI
Conditional formating Pembuatan format yang di kondisikan atau sesuai keinginan
Format as table                 Pembuatan table dengan format yang disediakan
Cell style                         Pembuatan penampilan sel

5) Cells

Submenu cells terdiri dari ikon (tombol) seperti yang di tunjukan pada table berikut.
NAMA FUNGSI
Insert Menyiapkan/menyisipkan sel
Delete Menghapus sel
Format Pengaturan penampilan sel


6) Editing

Submenu editing terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada table berikut.
NAMA FUNGSI
Autosum Mengitung secara otomatis
Clear Menghapus sel
Sort and filter Mengurutkan dan menyaring data
Find and select Mencari dan menyeleksi data


b) Tab insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan intruksi-intruksi kedalam lembar kerja seperti pembuatan table, memasukan gambar, model-model grafik, membuat link, serta memasukkan symbol-simbol. Untuk megaktifkan menu insert dengan cara mengaktifkan tab menu insert atau tekan ALT + N

Tab menu insert terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut.
1) Tables


2) Illustration




3) Chart

Digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model


4) Text
Digunakan untuk membuat text box, menyisipkan header dan footer, membuat huruf indah atau wordart, menyisipkan objek, dan menyisipkan symbol.



5) Link
Digunakan untuk menyisipkan link pada lembar kerja.


c) Tab page layout
Tab page layout digunakan untuk mengatur layout data, mengatur baris dan kolom, mengatur pencetakan.


Bagian/submenu pada tab page layout ini adalah sebagai berikut.
1) Themes
Digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak dan efek huruf.


2) Page setup
Digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), model dokumen (orientasi kertas), mengatur ukuran kertas (size), mengatur area pencetakan (print area), mengatur penggalan halaman (page break), memberi background dokumen, dan mencetak atau memberi judul table.


3) Scale to fit
Digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.



4) Sheet option
Digunakan untuk menampilkan garis bantu serta heading suatu data.


5) Arrange
Digunakan untuk mengatur tata letak gambar serta perataan, group, dan rotasi gambar.


d) Tab formula
Tab formula digunakan untuk memasukan rumus (fungsi logika, fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).


e) Tab data
Tab data digunakan untuk memasukkan data eksternal dan merefresh data. Pada bagian sort dan filter digunakan untuk mengurutkan dan menyaring data. Dibagian data tools digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian outline digunakan untuk proses grup dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.


f) Tab review
Digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa, pemberiankomentar, serta penguncian data (keamanan data).


g) Tab view
Tab view digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur ukuran tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan lembar kerja.


0 komentar:

Posting Komentar

 

CATATAN JEN Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea